Manfaat Menggunakan Bantal Hamil Bagi Ibu

 

Manfaat Menggunakan Bantal Hamil Bagi Ibu

Manfaat Menggunakan Bantal Hamil Bagi Ibu - Banyak ibu hamil mengalami kaki bengkak, nyeri punggung, dan kesulitan menemukan posisi tidur yang nyaman. Salah satu solusi yang bisa dicoba adalah bantal bersalin atau bantal hamil. Namun, apakah perlu menggunakan bantal khusus ibu hamil selama hamil? Sebenarnya apa sih fungsi dan manfaat bantal hamil ini?





Bantal Hamil merupakan bantal yang berukuran cukup besar biasanya berbentuk huruf U atau L. Ada juga bantal bunting yang ukurannya lebih kecil. Secara umum ibu hamil bisa tidur lebih nyenyak dengan menggunakan bantal ini.

Seiring bertambahnya usia dan perut semakin besar, tubuh menjadi semakin tidak nyaman untuk beraktivitas. Selain nyaman, bantal dengan harga yang cukup mahal ini juga memiliki banyak manfaat lho. Berikut beberapa manfaat bantal hamil:

Membantu Menunjang Tubuh

Bantal hamil membantu menopang tubuh ibu hamil terutama pada bagian perut, leher, paha, bahu dan punggung. Jika Anda mengalami sakit punggung atau ketidaknyamanan di bagian tubuh ini, cobalah berbaring miring menggunakan bantal ini. Bantal hamil berkualitas bagus, bisa mengurangi tekanan di bagian tulang punggung, dan pinggang dan juga bisa membantu meluruskan pinggang, bahu, dan tulang belakang.

Membantu Ibu Hamil Tidur Nyenyak (Deep Sleep)

Ibu hamil disarankan untuk banyak istirahat, termasuk tidur yang cukup untuk kesehatan janin. Desain bantal maternitas yang ergonomis akan membantu Anda mendapatkan posisi tidur yang lebih nyaman, sehingga Anda akan tidur lebih nyenyak. Bantal hamil juga dipercaya dapat membantu janin dalam posisi yang tepat untuk melahirkan.

Peredaran darah

Dokter menganjurkan ibu hamil tidur menghadap ke kiri, karena posisi tidur mempengaruhi kelancaran peredaran darah. Dengan menggunakan bantal hamil, ibu hamil bisa tidur dalam posisi tersebut.

Apa Saja Manfaat Menggunakan Bantal Hamil Bagi Ibu?

 

Kurangi nyeri

Mungkin terasa sakit selama kehamilan. Ini terjadi karena itu membawa lebih banyak beban di dalam rahim. Kenyamanan yang Anda dapatkan dari menggunakan bantal hamil bisa berkurang, bahkan hilang, lho. Tentunya hal ini didukung dengan tidur yang cukup.

Mengurangi Mules

Ada sebagian ibu hamil yang merasakan sensasi terbakar di bagian dada atau disebut juga heartburn saat hamil. Ini bisa dikurangi jika Anda merasa nyaman, seperti saat menggunakan bantal hamil. Patut dicoba, bukan?

Manfaat Bantal Hamil Setelah Melahirkan

Selain harganya yang cukup mahal, Anda mungkin ragu untuk membelinya karena hanya digunakan dalam waktu singkat. Pada umumnya ibu hamil menggunakan bantal hamil saat perut mulai membesar dan sulit menemukan posisi tidur yang nyaman, atau sekitar trimester 2 dan 3.

Penggantian Bantal Menyusui

Bantal hamil juga bisa digunakan sebagai bantal menyusui. Biasanya bantal diletakkan di ketiak agar tidak sakit saat menyusui si kecil dalam waktu lama.

Benteng untuk Si Kecil dan Relaksasi Otot

Bunda bisa meletakkan si kecil di tengah bantal hamil sebagai pelindung agar si kecil tidak terguling ke tempat yang berbahaya. Dengan bantuan bantal hamil, Anda tidak perlu terlalu sering berganti posisi tidur, agar otot Anda berkesempatan untuk rileks.

Mengurangi Sakit Punggung

Jika anggota keluarga menderita sakit punggung, dia dapat menggunakan Bantal Hamil ini untuk mengurangi rasa sakit. Jadi bukan hanya untuk ibu hamil. Tertarik mencobanya? Semoga tidur anda semakin nyenyak dengan bantal hamil berbentuk unik ini.

Search This Blog

Powered by Blogger.